5 Makanan Khas Banyuwangi, Cocok Jadi Oleh-Oleh Lho!

Apa yang tak boleh ketinggalan ketika Anda berkunjung ke satu tempat wisata? Tentu adalah kuliner khas dan oleh-oleh bukan? Well untuk Banyuwangi, urusan ini bisa diselesaikan dengan opsi yang sangat banyak. Makanan khas Banyuwangi sendiri beragam, serta tak sedikit yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Mengingat Banyuwangi sendiri memiliki pelabuhan yang besar, maka dapat dipastikan makanan dan kulinernya sangat beragam. Hal ini biasa terjadi pada daerah yang memiliki pelabuhan, karena menjadi tempat singgah banyak pedagang dari berbagai suku bangsa dan etnis.

Jadi tanpa perlu berlama lama-lama lagi, berikut kami rekomendasikan beberapa makanan khas Banyuwangi yang bisa jadi opsi santap atau oleh-oleh.

Kue Bagiak, Makanan Ringan Khas Banyuwangi

Rekomendasi pertama yang kami berikan adalah Kue Bagiak, yang merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang cocok dijadikan oleh-oleh. Kue ini memiliki daya tahan yang lumayan lama, sehingga bisa tahan dalam perjalanan jauh.

Untuk mendapatkan rasa originalnya, Anda bisa menyampaikan pada penjual kue tersebut. Mengingat rasa yang dimiliki kue ini juga sudah dikembangkan, kue bagiak menjadi makin bersahabat dengan selera banyak orang.

Setidaknya terdapat rasa seperti kacang, durian, vanila, pandan, dan sebagainya. Jika rasa originalnya saja sudah nikmat, maka tentu rasa-rasa lain tak kalah nikmat bukan?

Rujak Soto, Berani Coba?

Pertanyaan pada sub judul ini bukan karena makanan Rujak Soto menggunakan bahan ekstrim, namun lebih kepada kombinasi rasa yang benar-benar unik. Makanan ini sendiri jadi salah satu makanan ikonik dari Banyuwangi, tepatnya daerah Blambangan, dan wajib dicoba untuk memperkaya khasanah kuliner Anda.

Rujak yang dimaksud bukan bumbu seperti yang digunakan dalam rujak buah, namun lebih kepada rujak dengan bumbu petis, seperti Rujak Cingur. Bumbu ini kemudian dipadukan dengan soto yang memiliki kaldu hasil rebusan daging sapi, sehingga terasa kental dan begitu nikmat.

Disantap dengan potongan lontong, dijamin Anda tak akan cukup hanya dengan satu porsi saja. Apa lagi jika ditambah dengan ceker ayam yang sudah dibumbui, dijamin rasanya benar-benar tak terlupakan.

Savana Cake Cocok untuk Oleh-Oleh

Karena Banyuwangi memiliki savana yang tak kalah ikonik, maka nama tersebut dijadikan nama sebuah produk cake yang kini jadi makanan khas Banyuwangi. Tak sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke sana untuk memburu makanan ini.

Cake ini terbuat dari bahan dasar pisang, sehingga memiliki rasa yang unik dan segar. Dengan kreativitas yang dimiliki masyarakat, varian Savana Cake sendiri terus berkembang. Saat ini setidaknya ada Savana Wedi Ireng, Savana Sunrise of Java, Savana Blue Fire, Savana Red Island, dan Savana Green Bay.

Setiap nama dan varian ini terinspirasi dari tempat-tempat dan daya tarik wisata Banyuwangi, sehingga membuat kuliner yang satu ini makin otentik. Jadi pastikan Anda membawa pulang salah satu variannya saat berkunjung ke sana ya!

Mencicipi Lezatnya Bolu Kuwuk

Makanan khas Banyuwangi yang ini masuk dalam kategori camilan, dan memiliki rasa dominan manis. Menjadi saingan ketat dari Bagiak, Bolu Kuwuk cocok dinikmati bersama secangkir teh saat pagi atau sore hari.

Sebenarnya bahan baku yang digunakan dalam pembuatan bolu ini sendiri sangat sederhana. Hanya menggunakan tepung terigu, gula pasir, dan telur, kemudian diproses sedemikian rupa hingga jadi bolu kering yang lezat.

Anda juga bisa menjadikan Bolu Kuwuk oleh-oleh khas Banyuwangi. Memiliki daya tahan yang cukup panjang karena sifatnya bolu kering, Anda tak perlu cemas ketika ingin membawanya keluar daerah.

Tak Boleh Ketinggalan, Tahu Walik Makanan Khas Banyuwangi

Rekomendasi terakhir untuk makanan khas Banyuwangi yang cocok jadi oleh-oleh adalah Tahu Walik. Secara harfiah, arti dari nama tersebut adalah tahu terbalik, yang memang merupakan bentuk makanan tersebut.

Tahu Walik sendiri merupakan tahu biasa yang sudah dibumbui, kemudian dipotong menjadio dua, kemudian digoreng dengan membalik bagian dalam dan luarnya. Menghasilkan satu makanan khas Banyuwangi yang selalu jadi buruan wisatawan, makanan ini nikmati disantap bersama bumbu petis, cabai rawit, atau sambal lainnya.

Tentu saja soal daya tahan, Tahu Walik memiliki nilai yang tinggi sebab disajikan dalam kondisi kering setelah digoreng. Jadi ketika akan dibawa ke luar daerah, Anda bisa merasa tenang karena tak perlu berkejaran dengan waktu.

Bagaimana menurut Anda beberapa makanan khas Banyuwangi yang kami sajikan di atas? Apakah sudah cukup representatif? Sebenarnya tentu masih banyak makanan-makanan khas lain yang belum dimasukkan ke dalam daftar ini. Namun untuk oleh-oleh, banyak makanan di atas bisa jadi opsi yang menarik.

Selain mencari oleh-oleh, makanan khas Banyuwangi juga memiliki banyak varian untuk jenis makanan yang dimakan di tempat, seperti Rujak Soto di atas. Jika Anda masih penasaran kira-kira apa saja makanan khas daerah tersebut yang bisa dicoba, Anda bisa langsung berkunjung ke situs resmi Indonesia Travel. Anda bisa klik di sini, dan dapatkan semua informasi bergunanya di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *