Cara Menyimpan Sayur yang Benar Agar Tahan Lama Tanpa Kulkas

Buah serta sayuran termasuk bahan makanan penting yang wajib ada di dalam menu harian, karena merupakan sumber serat serta vitamin yang bagus untuk tubuh. Tak perlu khawatir makan sayuran akan terasa hambar, karena dengan pengolahan yang tepat maka nantinya akan menciptakan rasa yang nikmat pada bahan makanan tersebut. Bahkan jika berbicara mengenai ragam jenis dari sayuran ini sendiri juga banyak, sehingga Anda dapat pilah-pilih yang memang sesuai dengan selera saja.

Tips Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

Ada kalanya memang Anda memutuskan untuk membeli sayuran dalam jumlah yang banyak karena memang jauh lebih hemat. Namun kelemahannya sendiri ketika sayuran tersebut tidak disimpan dengan tepat maka nantinya resiko kerusakan juga tinggi. Hanya saja tak jarang diantaranya yang tidak sedia kulkas, apalagi bagi anak kosan. Tak perlu khawatir berikut ini cara menyimpan sayuran tanpa kulkas, namun tetap terjaga kesegarannya, yaitu:

  1. Dalam membeli pastikan bahwa Anda memilih sayur yang masih segar, percuma menyimpannya jika pada saat pembelian kondisinya sudah tidak segar.
  2. Cuci sayuran tersebut hingga bersih.
  3. Setelah dicuci maka pastikan untuk mengeringkannya.
  4. Bungkus sayur tersebut memakai tisu, hal ini membantu membuatnya jadi lebih tahan lama atau tidak mudah busuk.
  5. Simpanlah di tempat yang kering.
  6. Jika perlu maka Anda dapat menyimpannya di dalam plastik, ini juga akan membantu kesegarannya tetap terjaga.
  7. Cuci kembali ketika sayur tersebut akan diolah.

Cara Merebus Sayuran Hijau Agar Tetap Segar dan Enak

Mengolah sayur dengan cara merebus adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatannya. Namun sering kali tentunya banyak Anda yang mengalami perebusan yang kurang tepat membuatnya jadi mudah lembek. Bahkan tak jarang pula yang tampak layu serta tidak enak lagi dimakan, rasanya seperti makan ampas karena nutrisinya sudah hilang.

Untuk itu ikuti beberapa tips berikut ini dalam merebus sayur agar nantinya tetap segar serta nikmat, yaitu:

  1. Cuci sayur tersebut dengan memakai air mengalir, jangan direndam karena akan menghilangkan sebagian vitamin yang tersimpan didalamnya nanti, khususnya yang memang larut dalam air.
  2. Gunakan jenis panci yang stainless steel, karena memang keamanannya sendiri lebih terjamin dibandingkan yang lain.
  3. Rebus dalam air yang mendidih, jangan langsung memasukkan ketika air belum mendidih, karena akan semakin banyak nutrisi yang hilang disana, pastikan baru direbus ketika air sudah mendidih.
  4. Tambahkan garam pada saat merebusnya, cara yang satu ini juga efektif membantu menjaga warna hijaunya agar tak banyak yang hilang, selain itu juga mencegah agar rasanya tidak hambar.
  5. Rendamlah sayur yang telah direbus memakai air dingin, cukup direndam sebentar saja.

Apa Itu TaniHub?

Di zaman sekarang belanja sayuran segar memang jadi kian mudah bisa dilakukan online, sehingga nantinya konsumen tak perlu kemana-mana, cukup di rumah saja bisa membeli semuanya yaitu lewat TaniHub. Yaitu sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, fokusnya adalah menjual produk-produk hasil pertanian, seperti diantaranya sayuran, buah-buahan, ikan, daging, telur, bumbu dapur sampai dengan sembako juga tersedia disini. Produk dari TaniHub ini dijamin kesegarannya, karena didapatkan langsung dari para petani yang baru panen. Belanja di TaniHub juga sama artinya dengan ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lokal, jadi tak perlu ragu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *